Jumat, 20 Mei 2011

Mengapa burung tidak hangus ketika bertengger di kawat listrik telanjang bertegangan tinggi?


MENGAPA BURUNG YANG HINGGAP DI KABEI LISTRIK YANG TELANJANG TIDAK TERSENGAT ALIRAN LISTRIK?


Burung sering betengger di kabel listrik bertegangan tinggi, apalagi ketika udara sedang dingin sekali. Mengapa ? Apa burung ini mejeng sambil menyaksikan kendaraan yang lalu lalang di bawahnya? Tentu tidak. Sewaktu udara sedang dingin sekali, arus listrik yang mengalir melalui kawat biasanya cukup panas untuk menghangatkan tubuh burung. Mengapa burung tidak gosong?
Ada dua syarat agar terjadi arus listrik yaitu:
1.      Ada beda potensial.
2.      Rangkaian tertutup.

 










Kedua kaki burung, yaitu titik A dan titik B berada pada tegangan yang tinggi. Arus mengalir melalui kawat udara ( konduktor) dan kedua kaki burung memiliki potensial listrik yang sama (VA = VB) dan ini berarti beda potensial antara titik A dan B adalah VA – VB = 0. Sebagai akibatnya, arus tidak mengalir melalui tubuh burung, dan burung tidak gosong di bawah kawat bertegangan tinggi.
Misalkan kawat yang dihinggapi burung putus. Burung-burung yang kaget segera berterbangan, tetapi ada satu yang tetap asyik mengayun bersama kawat. Apa yang terjadi ketika ujung kawat berayun menyentuh tanah? Apakah anda menuai burung hangus ?
Ketika ujung kawat yang berdekatan dengan kaki B menyentuh tanah, potensial VB = 0. Perhatikan kaki burung memiliki potensial yang nilainya sangat berbeda, VA berada pada potensial yang tinggi, sementara VB = 0.Terjadi beda potensial VA – VB yang sangat besar.Sehingga arus besar mengalir melalui tubuh burung. Burung menggelepar dan hangus dalam sekejap. Sekarang anda dapat menuai burung gosong.

Sumber: Buku IPA FISIKA Klas IX karangan Marthen Kanginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar